jump to navigation

uji coba kuesioner kesehatan gigi jambi Januari 21, 2010

Posted by pahrurrazi in Uncategorized.
trackback

Uji kuesioner KTI, STUDI Kasus, SKRIPSI Kesehatan Gigi

ADA DUA CARA UJI VALIDITAS DAN RELIABILAS

1. ANALYSES > SCALE > REALIABILITY ANALYSIS

Sumber data sebuah penelitian ada kalanya menggunakan data dari hasil kuesioner. Tentunya dalam penyusunan sebuah kuesioner harus benar-benar bisa menggambarkan tujuan dari penelitian tersebut (valid) dan juga dapat konsisten bila pertanyaan tersebut dijawab dalam waktu yang berbeda (reliabel).
Secara mudah kuesioner diuji cobakan dulu kepada responden sample (misal 30 responden).
Dalam spss langkah menentukan butir pertanyaan yang valid dapat dilakukan dengan mudah.
Langkahnya adalah sebagai berikut :
Analyse > Scale > Reliability Analysis
Pada bagian Statistic aktifkan kotak cek Item, Scale, Scale if item deleted.
Abaikan pilihan yang lain, klik Continue – OK.
Cara baca output:
Lihat pada bagian Item-total statistic pada kolom Corrected Item Total Correlation, nilai-nilai tersebut menunjukkan nilai korelasi butir-butir pertanyaan terhadap skor totalnya. Nilai hitung tersebut dibandingkan dengan r tabel (lihat ditabel dengan terlebih dulu mencari df-nya (derajat kebebasan) sesuai dengan datanya dan asumsi spss akan menggunakan tingkat signifikansi 5%).
Pengambilan kesimpulannya jika nilai hitung > dari nilai r-tabel maka butir tersebut dinyatakan valid. Perlu diperhatikan karena data adalah 1 arah (ke arah positif) maka nilai hitung yang bernilai negatif otomatis tidak valid. Jika masih ada butir yang tidak valid maka dikeluarkan (klik kanan pada nama variabelnya – Clear) kemudian diproses ulang (ulangi langkah Analyse > Scale > Reliability Analysis, dst) sampai mendapatkan semua butir valid.
Kemudian untuk menentukan reliabilitas bisa dilihat dari nilai Alpha jika nilai alpha lebih besar dari nilai r tabel maka bisa dikatakan reliabel. Ada juga yang berpendapat reliabel jika nilai r > 0,60.
Sekarang kuesioner telah siap untuk disebar ke responden yang ditargetkan.
Sebagai catatan untuk mencari nilai korelasi data juga bisa dilakukan lewat menu Analyse > Correlation > Bivariate.

Sumber: http://bloggebudi.blogspot.com/2006/05/mudahnya-uji-validita

2. ANALYSE > CORRELATION > BIVARIATE

UJI VALIDITAS

Jika anda mengumpulkan data yang berasal dari responden, misalnya dengan menggunakan skala likert (1 – 5), hal pertama yang harus anda lakukan adalah menguji validitas dan reliabilitas data kuesioner tersebut. Instrumen dikatakan valid apabila mampu mengukur apa yang diinginkan dan dapat mengungkap data variabel yang diteliti secara tepat. Tinggi rendahnya validitas instrumen menunjukkan sampai sejauh mana data yang dikumpulkan tidak menyimpang dari gambaran tentang variabel yang diteliti. Dalam survey uji validitas dilakukan dengan mengkorelasikan skor setiap item dengan total skor. Teknik korelasi yang digunakan adalah Pearson Product Moment, dimana instrumen dikatakan valid apabila nilai koefisien korelasinya (r) > r tabel.

1. Input data asli dari kuesioner anda ke dalam worksheet SPSS, jangan lupa sertakan totalnya di bagian paling akhir.

2. Kemudian pilih variable view dan beri nama label masing-masing kolom seperti berikut ini:

3. Pilih Analyze – Correlate – bivariate seperti di bawah ini:

4. Setelah itu akan muncul kotak dialog bivariate correlation, kemudian blok semua variabel beserta total dan pindahkan ke kolom variabel, lalu kemudian pada correlation coefficient pilih pearson; kemudian test of significant pilih 2-tailed – OK

5. Setelah itu akan muncul output seperti berikut ini:

6. Interpretasi:

Dari hasil analisis kita dapat melihat pada baris TOTAL dimana nilai sig.2-tailed pada item no.4 dan item no.6 adalah lebih besar dari nilai kritis α = 0,05, sedangkan item yang lain lebih kecil dari α = 0,05. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa data pada item (atribut) nomor 4 dan 6 belum valid. Oleh karena itu pengambilan data kuesioner untuk atribut tersebut harus diulang kembali.

UJI RELIABILITAS

Reliabilitas statistik diperlukan untuk memastikan validitas dan ketepatan analisis statistik. Ia mengacu pada kemampuan untuk mereproduksi hasil lagi dan lagi sesuai kebutuhan. Hal ini penting karena akan membangun tingkat kepercayaan dalam analisis statistik dan hasil yang diperoleh.

Misalnya, Anda sedang meneliti tentang loyalitas konsumen terhadap produk susu merk tertentu. Anda ingin melakukan sejumlah survey terhadap pelanggannya, dan jika hasil yang ditemukan menunjukkan bahwa konsumen bersikap loyal, Anda mungkin akan mendapatkan gambaran pasti bahwa produk lain yang dikeluarkan oleh perusahaan susu tersebut akan tetap laku di pasaran.

Sebaliknya, jika nilai reliabilitas statistik loyalitas konsumen rendah, maka konsumen tidak akan percaya dengan produk-produk yang dikeluarkan oleh perusahaan tersebut.

Dalam SPSS 17.0, langkah-langkah pengujian reliabilitas adalah sebagai berikut:

1. Setelah data diinput ke dalam worksheet SPSS, maka cukup dengan menjalankan command Analyze – Scale – Reliability Analysis seperti berikut ini:

2. Semua data variabel/atribut kemudian dimasukkan ke dalam boks item.

3. Setelah itu klik Statistic di bagian kanan bawah kemudian checklist descriptive for ; item, scale, dan scale if item deleted kemudian continue.


4. Kemudian klik OK maka akan ditampilkan hasil seperti berikut:



5. Interpretasi:

Berdasarkan uji reliabilitas yang dilakukan, nilai Uji Statistik Cronbach Alpha adalah sebesar 0,607, artinya bahwa hasil tersebut lebih besar daripada 0,6 pada selang kepercayaan 5%. Dengan demikian data yang digunakan adalah valid dan memiliki reliabilitas yang baik. Nilai corrected item-total correlation mengindikasikan bahwa item no.3 dan item no.5 memiliki tingkat reliabilitas yang baik dengan nilai berturut-turut sebesar 0,450 dan 0,372 karena lebih dari 0,30 (azwar, 1999), dengan demikian skala yang akan digunakan untuk mewakili reliabilitas skala dalam penelitian.(yoz)

Sumber: Statistik 4 Life – beta blog

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: